Kindly be Informed that Malaysia will be having public holidays on Sept 9th and 16th. Delays in order fulfillment is expected. Thank you!
Free shipping for orders over RM200.00 within Peninsular Malaysia
RM30.00
Islam dan Demokrasi: Perspektif Wilayah Al-Faqih
Price RM30.00
Product SKU 9786029763362
Brand Indonesia
Reward Points 30
Availability 1
Quantity
Description

Islam dan Demokrasi: Perspektif Wilayah Al-Faqih - Kulit Lembut

Pengarang: Muhammad Anis 

Penerbit: Penerbit Mizan

ISBN: 9786029763362

Tahun: 2013

Bil Muka Surat:306

Berat: 272g

Buku ini menjelaskan hubungan antara Islam dan demokrasi, baik secara konseptual (filosofis) maupun secara historis. Sumbangan buku ini, kendati dalam beberapa bagian telah diungkap banyak intelektual, adalah pertama, pada penyelesaian beberapa hal yang menjadi keberatan mereka dari kelompok pemikiran yang melihat bahwa Islam dan demokrasi adalah sesuatu yang incompatible atau kalangan pemikir yang melihat bahwa meskipun ada persamaan antara Islam dengan demokrasi tetapi ada banyak perbedaannya, terutama dalam soal kedaulatan Tuhan. Kedua, reinterpretasi historis terhadap realitas sejarah politik Islam, terutama untuk klasik dan pertengahan dalam perspektif demokrasi.

Meskipun konsep yang dipahami kaum Muslimin dan sejarah politiknya tidak selamanya sejalan dengan demokrasi liberal Barat yang berkembang dalam setting historis mereka, tetapi kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa Islam dan demokrasi pada esensinya compatible, dapat viable, dan mesti dilihat sebagai kelanjutan atau pengembangan saja dari model “demokrasi” Islam, sebagaimana HAM yang ditemukan Barat lewat Islam Spanyol. Sebab itu pula, meminjam analisis John L.Esposito, penolakan beberapa kalangan terhadap demokrasi pun, adalah penolakan terhadap karakter sekularitas demokrasi Barat, bukan demokrasi secara keseluruhan, dan lebih sebagai persoalan psikologis, yaitu penolakan terhadap neo kolonialisme.

Buku ini dihadirkan khusus untuk mahasiswa Institut Agama Islam Negeri dan mahasiswa beberapa perguruan tinggi lainnya, lewat pengajaran Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Reviews (0)
view all
back
0
0 reviews
HighlightsMore