Free shipping within Peninsular Malaysia for order over RM120.00
RM58.00
Islamisasi Sains: Sebuah Upaya Mengislamkan Sains Barat Modern
Price RM58.00
Product SKU 9786025289415
Brand INSISTS
Reward Points 58
Points Needed 11600
Availability 10
Quantity
Description

Islamisasi Sains: Sebuah Upaya Mengislamkan Sains Barat Modern. Edisi Revisi - Kulit lembut 

 

Penulis: Budi Handrianto

Penerbit: Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS)
Tahun: 2019
Bahasa: Bahasa Indonesia
Bil Muka surat: 300
Berat: 448g


Buku ini berisi tentang sejarah, konsep, paradigma, makna, fakta dan agenda Islamisasi ilmu pengetahuan, khususnya di bidang sains alam (antural sciences).Diawali dengan pembahasan konsep ilmu menurut Islam (kajian filsafat ilmu), proses naturalisasi ilmu pengetahuan dari peradaban satu kepada peradaban lain, sejarah dan proses Islamisasi ilmu pengetahuan di masa kejayaan peradaban Islam.

Selain itu di buku ini juga dikemukakan permasalah-permasalahan di dalam konsep sains barat termasuk kritik-kritik para ilmuwan, baik dari Barat sendiri maupun ilmuwan Islam. Dari kritik tersebut, muncullah gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan terhadap ilmu pengetahuan kontemporer yang diawali oleh Syed M. Naquib al-Attas. Gagasan al-Attas mengenai Islamisasi ilmu pengetahuan dipopulerkan oleh Ismail R. al-Faruqi dengan mendirikan IIIT termasuk cabangnya di Indonesia.

Gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan tidak sepi dari kritik-kritik internal, itupun disampaikan di buku ini. Beberapa kritik terjadi karena kekurangpahaman terhadap konsep ISlamisasi ilmu pengetahuan. Hal ini karena menganggap proses Islamisasi Ilmu pengetahuan bersifat mekanistis tanpa melihatkan proses epistemologis.

Buku ini merupakan perbaikan (edisi revisi) dan penambahan dari buku sebelumnya dengan judul yang sama yang sudah habis masa edarnya. Mengingat banyaknya animo untuk menerbitkan buku ini kembali, maka INSISTS, sebuah lembaga intelektual pemikiran dan peradaban yang giat menyampaikan gagasa al-Attas tentang Islamisasi Ilmu Kontemporer menerbitkan kembali buku ini dengan meng-update data-data tekini.

Reviews (0)
view all
back
0
0 reviews
You Might Like These Too:More